Laman

my campus

my campus

Kamis, 03 Januari 2019

tulisan 4 isd

Potret kemiskinan di indonesia

Kemiskinan di Indonesia dan Distribusi Geografis
Salah satu karakteristik kemiskinan di Indonesia adalah perbedaan yang begitu besar antara nilai kemiskinan relatif dan nilai kemiskinan absolut dalam hubungan dengan lokasi geografis. Jika dalam pengertian absolut lebih dari setengah jumlah total penduduk Indonesia yang hidup miskin berada di pulau Jawa (yang berlokasi di bagian barat Indonesia dengan populasi padat), dalam pengertian relatif propinsi-propinsi di Indonesia Timur menunjukkan nilai kemiskinan yang lebih tinggi. Tabel di bawah ini menunjukkan lima propinsi di Indonesia dengan angka kemiskinan relatif yang paling tinggi. Semua propinsi ini berlokasi di luar wilayah Indonesia Barat seperti pulau Jawa, Sumatra dan Bali (yang adalah wilayah-wilayah yang lebih berkembang dibanding pulau-pulau di bagian timur Indonesia).
Propinsi dengan Angka Kemiskinan Relatif Tinggi:
ProvinsiOrang Miskin¹
Papua      28.5%
Papua Barat      25.4%
Nusa Tenggara Timur      22.2%
Maluku      19.2%
Gorontalo      17.7%
¹ persentase berdasarkan total penduduk per propinsi bulan March 2016
Tingkat kemiskinan di propinsi-propinsi di Indonesia Timur ini, di mana sebagian besar penduduknya adalah petani, kebanyakan ditemukan di wilayah pedesaan. Di daerah tersebut masyarakat adat sudah lama hidup di pinggir proses perkembangan ekonomi dan jauh dari program-program pembangunan (yang diselenggarakan pemerintah atau lembaga internasional). Migrasi ke daerah perkotaan adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan pekerjaan dan - dengan demikian - menghindari kehidupan dalam kemiskinan.
Bertentangan dengan angka kemiskinan relatif di Indonesia Timur, tabel di bawah ini menunjukkan angka kemiskinan absolut di Indonesia yang berkonsentrasi di pulau Jawa dan Sumatra. Kedua pulau ini adalah pulau terpadat (populasi) di Indonesia.
Propinsi dengan Angka Kemiskinan Absolut Tinggi:
ProvinsiOrang Miskin
(dalam jutaan)
Jawa Timur       4.78
Jawa Tengah       4.51
Jawa Barat       4.49
Sumatra Utara       1.51
Nusa Tenggara Timur       1.16
per Maret 2016

https://www.merdeka.com/uang/data-kemiskinan-sejak-era-jokowi-mulai-2014-2018-naik-atau-turun.html


http://www.monacolifecheck.com/sejarah/banyak-penjelasan-mengenai-kemiskinan-di-indonesia-simak-yuk-gays/
https://muamalatku.com/kemiskinan-di-indonesia/
pendapat saya artikelnya bagus memberi informasi tentang kemiskinan yang ada di indonesia mulai dari provinsi, desa, dan kota. Dari situ jadi terlihat pensentasi kemiskinan yang ada di indonesia. Mungkin cara mengatasi kemisikinan yang melanda indonesia dengan cara membangun usaha-usaha yang dapat mengurangi pengangguran. terus meratakan pembangunan-pembangunan infrastruktur yang menunjang kebutuhan masyarakat dan meningkat kan minat untuk belajar agar kelak nanti penerus bangsa memiliki modal untuk bersaing mendapatkan pekerjaan..
mungkin juga harus memberi wawasan untuk masyarakat yang sudah tidak sekolah agar mereka dapat berfikir kreatif mencipkan lapangan pekerjaan.
sumber : https://www.indonesia-investments.com/id/keuangan/angka-ekonomi-makro/kemiskinan/item301?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar