Laman

my campus

my campus

Sabtu, 22 Desember 2018

Tren SI/TI di Masa Depan dan Tren SI/TI di BIdang Bisnis


       TREN SI/TI MASA DEPAN

A.    Ekonomi API (Application Programming Interface).

API (Application Programming Interface) adalah sekumpulan perintah, fungsi, dan protokol yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu. API memungkinkan programmer untuk menggunakan fungsi standar untuk berinteraksi dengan sistem operasi lain.
Dalam contoh sederhana, dibutuhkan setidaknya ribuan system calls per detik. Oleh karena itu Kebanyakan programmer membuat aplikasi dengan menggunakan Application Programming Interface(API). Dalam API itu terdapat fungsi-fungsi/perintah-perintah untuk menggantikan bahasa yang digunakan dalam system calls dengan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti oleh programmer. Fungsi yang dibuat dengan menggunakan API tersebut kemudian akan memanggil system calls sesuai dengan sistem operasinya. Tidak tertutup kemungkinan nama dari system calls sama dengan nama di API.
API adalah sebuah bahasa dan format pesan yang digunakan oleh program aplikasi untuk berkomunikasi dengan system operasi atau program pengendalian lainnnya seperti system manajemen database (DBMS) atau komunikasi protocol. API diimplementasikan dengan menulis fungsi panggilan atau sintaks dalam program, yang menyediakan sarana yang diperlukan untuk meminta layanan program. Pada dasarnya, program API mendefinisikan cara yang tepat bagi developer untuk meminta layanan dari program itu.
Sebagai contoh, Amazon.com merilis API sehingga pengembang situs web dapat lebih mudah mengakses informasi produk Amazon, menggunakan Amazon API, sebuah situs web pihak ketiga dapat memposting link langsung ke produk Amazon dengan harga yang terupdate dan pilihan untuk “beli sekarang”.
Sebuah API adalah antarmuka software-to-software, bukan user interface. Dengan API, aplikasi berbicara satu sama lain tanpa sepengetahuan pengguna atau intervensi. Ketika Anda membeli tiket film online dan memasukkan informasi kartu kredit Anda, situs web tiket film menggunakan API untuk mengirim informasi kartu kredit Anda ke aplikasi remote yang memverifikasi apakah informasi Anda sudah benar. Setelah pembayaran dikonfirmasi, aplikasi remote mengirimkan respon balik ke situs Web tiket film mengatakan itu OK untuk mengeluarkan tiket.Sebagai pengguna, Anda hanya melihat satu antarmuka situs Web tiket film tapi di belakang layar, banyak aplikasi yang bekerja bersama-sama menggunakan API. Jenis integrasi ini disebut seamless, karena pengguna tidak pernah mendapatkan pemberitahuan bila fungsi perangkat lunak diserahkan dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain. Oleh karena itu sebuah API dapat dikatakan menyerupai Software as a Service (SaaS), karena pengembang perangkat lunak tidak harus mulai dari awal setiap kali mereka menulis sebuah program.

Keuntungan memprogram dengan menggunakan API adalah: 
- Portabilitas. Programmer yang menggunakan API dapat menjalankan programnya dalam sistem operasi mana saja asalkan sudah ter- install API tersebut. Sedangkan system call berbeda antar sistem operasi, dengan catatan dalam implementasinya mungkin saja berbeda.        

- Lebih Mudah Dimengerti. API menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti daripada bahasa system call. Hal ini sangat penting dalam hal editing dan pengembangan.

B.     Pemasaran Dimensi
Dalam konteks penyusunan strategi, pemasaran memiliki dua dimensi, yaitu Dimensi saat ini dan Dimensi yang akan datang. 
Dimensi saat ini berkaitan dengan hubungan yang telah ada antara perusahaan dengan lingkungannya. Sedangkan Dimensi masa yang akan datang mencakup hubungan dimasa yang akan datang yang diharapkan terjalin dengan program tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.
Dalam hal ini terdapat dua bagian yang saling berhubungan :
1.      Pasar sasaran  : kelompok konsumen yang relatif sama yang ingin  diraih perusahaan
2.      Bauran pemasaran :  variabel-variabel yang terkontrol yang dilaksanakan oleh perusahaan untuk memuaskan kelompok sasaran. 

Inti pemasaran strategis modern terdiri atas tiga langkah pokok yaitu Segmentasi, Penentuan Pasar Sasaran dan Positioning. Ketiga langkah ini sering disebut STP (Segmenting, Targetting, Positioning). 
- Langkah pertama adalah segmentasi pasar, yakni mengidentifikasi dan membentuk kelompok pembeli yang terpisah-pisah yang membutuhkan produk dan / atau bauran pemasaran tersendiri. 
- Langkah kedua adalah penentuan pasar sasaran yaitu tindakan memilih satu atau lebih segmen pasar untuk dimasuki maupun dilayani. 
-Langkah ketiga adalah Positioning yaitu tindakan membangun dan mengkomunikasikan manfaat produk yang istimewa dari produk di dalam pasar.

C.     Robot Manusia AILA
Sebuah robot bernama Aila baru saja diperkenalkan oleh para peneliti dari German Research Center for Artificial Intelligence dan University of Bremen. Jika biasanya robot memiliki jenis kelamin laki-laki, maka tidak halnya dengan Aila. Robot ini adalah sebuah robot perempuan.
Bentuk anatomi robot Aila ini pun hampir sama dengan bentuk tubuh seorang manusia perempuan. Di bagian rambut, Aila tampil dengan bentuk rambut pendek yang banyak dipakai oleh wanita modern. Sekilas, potongan rambut robot ini hampir sama dengan potongan rambut CEO Yahoo yang baru, Marissa Mayer.
Pada bagian mata, robot ini memiliki ukuran mata yang sangat besar dan berwarna hitam. Kalau Anda adalah penggila anime Jepang, maka mata yang dimiliki oleh robot ini hampir sama dengan tokoh-tokoh anime Jepang. Pada bagian dalam, robot ini tidak memiliki perangkat yang berbeda dengan robot-robot lain yang berjenis kelamin laki-laki. Perbedaannya memang hanya terlihat pada bagian luar. Dari ukuran lengan yang kecil ataupun pinggang yang mungil. Tidak ada penjelasan dari para pencipta robot mengenai alasan pemilihan bentuk wanita pada robot ini.
            Robot ini menurut dibangun bertujuan untuk membantu kegiatan para astronot di luar angkasa. Robot ini juga dilengakapi dengan teknologi canggih yang memungkinkannya untuk belajar. Sebagai contoh, Aila mampu mempelajari bagaimana menekan tombol atau saklar yang ada di tubuhnya.


                                    TREN SI/TI DALAM BIDANG BISNIS


A.    Pengertian dan Tujuan Bisnis.
Kata “bisnis” berasal dari bahasa Inggris, yaitu “business” yang artinya kesibukan. Dalam konteks sederhana, yang dimaksud dengan kesibukan adalah melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada seseorang. Pengertian Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan,  pembelian, maupun pertukaran barang/ jasa, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba.
Tujuan utama dari semua bisnis adalah untuk mendapatkan laba dengan memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Adapun beberapa tujuan bisnis adalah sebagai berikut:
·         Untuk memperoleh keuntungan dari kegiatan bisnis.
·         Untuk pengadaan barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
·         Untuk mencapai kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat.
·         Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
·         Untuk menunjukkan eksistensi suatu perusahaan dalam jangka panjang.
·         Untuk meningkatkan kemajuan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara umum.
·         Untuk menunjukkan prestise dan prestasi.


B.     Teknologi Informasi dan Dunia Bisnis.
Peran Teknologi Info dalam dunia bisnis digunakan untuk perdagangan secara elektronik atau di kenal sebagai E-Commerce (e-dagang) atau perdagangan elektronik. E-Commerce yaitu perdagangan memakai jaringan komunikasi internet. E-commerce adalah bagian dari e-business, dimana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan namun meliputi juga pengkolaborasian partner bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dan sebagainya.

1. Memudahkan Cara Komunikasi
Untuk banyak perusahaan, e-mail yaitu fasilitas utama komunikasi pada karyawan, penyuplai dan pelanggan. E-mail yaitu salah satu pendorong awal Internet, Pemakaiannya sangat mudah dan relatif jauh lebih murah bila dibanding dengan faksimile untuk berkomunikasi.
2. Manajemen Data
Deretan lemari arsip yang berisikan dokumen-dokumen perusahaan saat ini sudah tidaklah terlalu diperlukan lagi oleh beberapa perusahaan, dengan adanya database. Saat ini, sebagian besar perusahaan menyimpan versi digital dari dokumen pada perangkat penyimpanan dan server. Dokumen-dokumen ini jadi langsung tersedia untuk semua orang di perusahaan, terlepas dari tempat geografis mereka.
3. Sistem Info Manajemen
Menyimpan data hanya menguntungkan bila data yang bisa dipakai dengan efisien. Perusahaan progresif memakai data itu jadi bagian dari proses perencanaan strategis dan proses taktis dari kiat itu. Sistem Info Manajemen (SIM) memungkinkan perusahaan untuk mencari data penjualan, biaya dan tingkat produktivitas. Info ini dapat dipakai untuk mencari profitabilitas dari waktu ke waktu, mengoptimalkan laba atas investasi dan mengidentifikasi bagian yang perlu perbaikan. Manajer dapat mencari penjualan setiap hari, yang memungkinkan mereka untuk segera bereaksi pada angka yang lebih rendah dari perkiraan dengan meningkatkan produktivitas karyawan atau mengurangi biaya item.
4. Memberi Pengetahuan dan Sumber Info
Melalui internet, anda hanya memerlukan satu klik dan semua info sudah ada didepan mata Anda. Makin banyak pengetahuan yang anda dapatkan tentang bisnis, maka makin berkembang juga bisnis yang sedang anda kelola. Selain itu anda bisa dengan mudah untuk mencari info yang terkait dengan pesaing anda.
5. Customer Relationship Management
Perusahaan memakai TI untuk memperbaiki cara mereka merancang dan mengelola hubungan pada pelanggan. Customer Relationship Management (CRM) sebuah sistem yang bisa menangkap setiap interaksi perusahaan pada para pelanggan, hingga terdapat data urutan pelanggan bila sewaktu-waktu diperlukan, seperti data record. Salah satu misalnya pelanggan menghubungi call center karena mendapatkan masalah, tentang info pengiriman barang yang ia pesan. Dengan adanya CRM staff perusahaan dapat segera memberitahu keberadaan barang pesanan pelanggan. Karena semua interaksi disimpan dalam sistem CRM. Pelanggan pun jadi tenang, karena mendapatkan service yang memuaskan, Hal semacam ini memberi keuntungan untuk perusahaan hingga dapat lebih meningkatkan kinerja pada produktivitas.


6. Kegiatan Bisnis Selama 24 Jam
Adanya perubahan teknologi info sangat membantu para pebisnis untuk melakukan aktivitas jual beli selama 24 jam, tidak seperti toko off line yang segala aktivitasnya sangat dibatasi oleh ruang dan waktu. 


C.     Prosedur Pendirian Bisnis, Kontrak Kerja, dan Prosedur Pengadaan.
Prosedur Pengadaan Tenaga Kerja antara lain :
Perencanaan Tenaga Kerja.
Perencanaan tenaga kerja adalah penentuan kuantitas dan kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan dan cara memenuhinya. Penentuan kuantitas dapat dilakukan dengan dua cara yaitu time motion study dan peramalan tenaga kerja. Sedangkan penentuan kualitas dapat dilakukan dengan Job Analysis. Job Analysis terbagi menjadi dua, yaitu Job Description dan Job Specification / Job Requirement. Tujuan Job Analysis bagi perusahaan yang sudah lama berdiri yaitu untuk reorganisasi, penggantian pegawai, dan penerimaan pegawai baru. 
Penarikan Tenaga Kerja.
Penarikan tenaga kerja diperoleh dari dua sumber, yaitu sumber internal dan sumber eksternal. Sumber internal yaitu menarik tenaga kerja baru dari rekomendasi karyawan lama dan nepotisme, berdasarkan sistem kekeluargaan, misalnya mempekerjakan anak, adik, dan sebagainya. Keuntungan menarik tenaga kerja dari sumber internal yaitu lowongan cepat terisi, tenaga kerja cepat menyesuaikan diri, dan semangat kerja meningkat. Namun kekurangannya adalah menghambat masuknya gagasan baru, terjadi konflik bila salah penempatan jabatan, karakter lama terbawa terus, dan promosi yang salah mempengaruhi efisiensi dan efektifitas. Tujuan menarik tenaga kerja dari sumber internal adalah untuk meningkatkan semangat, menjaga kesetiaan, memberi motivasi, dan memberi penghargaan atas prestasi. Sumber eksternal yaitu menarik tenaga kerja baru dari lembaga tenaga kerja, lembaga pendidikan, ataupun dari advertising, yaitu media cetak dan internet. Keuntungan menarik tenaga kerja dari sumber eksternal adalah dapat meminimaslisasi kesalahan penempatan jabatan, lebih berkualitas dan memperoleh ide baru/segar. Namun kekurangannya adalah membutuhkan proses yang lama, biaya yang cukup besar, dan rasa tidak senang dari pegawai lama. Tujuan menarik tenaga kerja dari sumber eksternal adalah untuk memperoleh gagasan/ide baru dan mencegah persaingan yang negatif.
Seleksi Tenaga Kerja.
Ada lima tahapan dalam menyeleksi tenaga kerja, yaitu seleksi administrasi, tes kemampuan dan psikologi, wawancara, tes kesehatan dan referensi (pengecekan). Terdapat dua pendekatan untuk menyeleksi tenaga kerja, yaitu Succecive Selection Process dan Compensatory Selection Process. Succecive Selection Process adalah seleksi yang dilaksanakan secara bertahap atau sistem gugur. Compensatory Selection Process adalah seleksi dengan memberikan kesempatan yang sama pada semua calon untuk mengikuti seluruh tahapan seleksi yang telah ditentukan.
Penempatan Tenaga Kerja.
Penempatan tenaga kerja adalah proses penentuan jabatan seseorang yang disesuaikan antara kualifikasi yang bersangkutan dengan job specification-nya. Indikator kesalahan penempatan tenaga kerja yaitu tenaga kerja yang tidak produktif, terjadi konflik, biaya yang tinggi dan tingkat kecelakaan kerja tinggi.
Prosedur Pengadaan Barang dan Jasa. 
Berdasarkan Keppres No. 80/2003 tentang Pedoman Pengadaan Barang dan Jasa terdapat beberapa metode pemilihan serta sistem penilaian kompetensi penyedia barang dan jasa. secara umum jenis-jenis metode pemilihan penyedia barang dan jasa, yang antara lain:

a. Metode Pelelangan Umum 
            Metode pelelangan umum merupakan metoda pemilihan penyedia barang/jasa yang relatif banyak dilakukan. Pelelangan umum dilakukan secara terbuka dengan pengumuman secara luas melalui media massa dan papan pengumuman resmi untuk penerangan umum sehingga masyarakat luas dunia usaha yang berminat dan memenuhi kualifikasi dapat mengikutinya. Semua pengadaan pada prinsipnya harus dapat dilelang dengan cara diumumkan secara luas agar dapat menciptakan persaingan yang sehat.          

b. Pelelangan Terbatas           
            Pelelangan terbatas dilakukan, jika pelelangan umum sulit dilaksanakan karena penyedia barang/jasa yang mampu mengerjakan diyakini terbatas dan pekerjaannya kompleks, maka dilakukan pelelangan terbatas. Pekerjaan kompleks adalah pekerjaan yang memerlukan teknologi tinggi atau mempunyai resiko tinggi atau yang menggunakan peralatan yang didesain khusus atau bernilai di atas Rp. 50.000.000.000,- (lima puluh miliar rupiah). Pelelangan terbatas diumumkan secara luas melalui media massa dan papan pengumuman resmi dengan mencantumkan penyedia barang/jasa yang telah diyakini mampu, guna memberi kesempatan kepada penyedia barang/jasa lainnya yang memenuhi kualifikasi.    

c. Pemilihan Langsung           
            Bila pelelangan umum dan pelelangan terbatas sulit dilaksanakan dan kemungkinan tidak akan mencapai sasaran, maka dilakukan pemilihan langsung. Pemilihan langsung dapat dilaksanakan untuk pengadaan yang bernilai sampai dengan Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah). Metoda pemilihan langsung, yaitu pemilihan penyedia barang/jasa yang dilakukan dengan membandingkan sebanyak-banyaknya penawaran, sekurang-kurangnya 3 (tiga) penawaran dari penyedia barang/jasa yang telah lulus prakualifikasi serta dilakukan negosiasi baik teknis maupun biaya serta harus diumumkan minimal melalui papan pengumuman resmi untuk penerangan umum dan bila memungkinkan melalui internet. Pejabat/Panitia Pengadaan mengundang penyedia barang/jasa untuk memasukkan penawaran kemudian membandingkan penawaran tersebut yang memenuhi syarat. Negosiasi teknis dan harga dilakukan secara bersaing.

d. Penunjukan Langsung       
            Berdasarkan ketentuan dalam Keppres No 80/2003 tentang Pedoman Pengadaan Barang dan Jasa, Penunjukan langsung dalam pengadaan barang/jasa dapat dilaksanakan dalam hal memenuhi kriteria yang antara lain:
>>Terjadi keadaan darurat untuk pertahanan negara, keamanan dan keselamatan masyarakat yang pelaksanaan pekerjaannya tidak dapat ditunda, atau harus dilakukan segera, termasuk penanganan darurat akibat bencana alam,
>> Pekerjaan yang bersifat rahasia dan menyangkut pertahanan serta keamanan negara yang ditetapkan oleh Presiden,
>>Pekerjaan berskala kecil dengan nilai paket pekerjaan maksimum Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah),
>>Paket pekerjaan berupa pekerjaan/barang spesifik yang hanya dapat dilaksanakan oleh satu penyedia barang/jasa, pabrikan, pemegang hak paten tertentu,
>> Paket pekerjaan merupakan hasil produksi usaha kecil atau koperasi kecil atau pengrajin industri kecil yang telah mempunyai pasar dan harga yang relatif stabil,
>> Paket pekerjaan bersifat kompleks dan hanya dapat dilaksanakan dengan penggunaan teknologi khusus dan/atau hanya ada satu penyedia barang/jasa yang mampu mengaplikasikannya. 

Kontrak Bisinis.
Kontrak merupakan perjanjian yang bentuknya tertulis. Dalam suatu kontrak bisnis, ikatan kesepakatan dituangkan dalam suatu perjanjian yangbentuknya tertulis. Hal ini untuk kepentingan kelak, jika dikemudian hari terjadi sengketa berkenaan dengan kontrak itu sendiri, maka para pihak dapat mengajukan kontrak tersbut sebagai salah alat bukti. Kontrak di Indonesa diatur dalam Kitab Undang -undang Hukum Perdata (KUHPerdata) Buku III tentang Perikatan. Perikatan dapat lahir dari perjanjiandan undang-undang. Perjanjian itu sendiri meliputi perjanjian yan g bentuknyatertulis (kontrak) dan perjanjian lisan. Dari uraian singkat tersebut terlihatbahwa kontrak dengan perikatan memiliki kaitan, yaitu bahwa kontrak merupakan salah satu sumber dari perikatan.

D.    Aturan e-business pada Bisnis.
1.      Komunikasi.
Adanya fasilitas dan media yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi, layanan, transaksi elektronik (pemesanan dan pembayaran secara elektronik) dan perpindahan barang dari penjual ke pembeli.
2.      Komersial.
Adanya sistem yang melaksanakan transaksi online mulai dari promosi barang,  pemesanan barang,  pembayaran dan pengiriman barang. Pelanggan cukup melihat dari website jenis barang, spesifikasi dan harga barang, untuk pemesanan dilihat dari stok barang yang ada,untuk pembayaran sistem shopping online harus terhubung dengan otorisasi pembayaran  (pihak bank).
3.      Proses bisnis.
Setiap pelaku e-Business yang ingin melalukan transaksi elektronik dan mendapatkan manfaatsemaksimal mungkin dari e-Business harus melakukan optimalisasi proses bisnis internal dengan memanfaatkan teknologi informasi agar aliran informasi, transaksi, maupun lama pengiriman barang menjadi dipersingkat, biaya transaksi menjadi lebih ekonomis jika dibandingkan dengan  perdagangan yang dilakukan secara tradisional.
4.      Layanan.
Bagi setiap institusi yang menjadi pelaku e-Business, penggunaan teknologi informasi dan internet seharusnya menjadikan layanan ke customer menjadi lebih baik, lebih ekonomis, dan lebih terjangkau.
5.      Learning.
Untuk meningkatkan awareness baik diantara pengguna maupun pelaku e-Business, proses edukasi sangat penting agar semakin banyak anggota masyarakat yang menyadari manfaat dan kelebihan dari transaksi online.
6.      Kolaborasi.
Adanya kerjasama dengan pihak lain (stakeholder) pada setiap transaksi yang terjadi.
7.      Komunitas.
Dalam dunia maya (world wide web) komunitas merupakan salah satu indikator untuk mengukur aktifitas pengguna. Dalam e-Business, komunitas merupakan media yang cukup penting untuk belajar dan memperbaiki diri secara terus menerus baik dari sisi pelaku maupun pengguna dalam hal produk, layanan, maupun mekanisme transaksi
Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar